BREAKING NEWS

Rabu, 14 Oktober 2015

Bendungan Kedung Ombo


Obyek wisata waduk Kedung Ombo ini terletak di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, kawasan Waduk Kedung Ombo mempunyai area seluas 6.576 Ha yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 Ha dan lahan daratan 3.746 Ha. Waduk yang mulai didirikan tahun 1980 dan selesai pada tahun 1991 ini merupakan salah satu bendungan terbesar yang ada  di Indonesia.
Latar belakang pembangunan waduk ini adalah dulu pada saat musim kemarau masyarakat kekurangan air dan apabila musim penghujan akan banjir. Oleh sebab itu pemerintah membangun waduk ini dengan cara membendung Sungai Suter dan Sungai Serang.
Fungsi dari Waduk Kedung Ombo:
– Sebagai penyedia irigasi
– Sebagai penyedia air baku
– Menghasilkan tenaga listrik dengan adanya PLTA
– Meredam banjir
– Sebagai objek pariwisata
– Perikanan, dengan adanya keramba-keramba
Area Waduk Kedung Ombo tidak hanya terletak di Kabupaten Grobogan, melainkan menjadi batas wilayah antara Kab. Sragen dan Kab. Boyolali. Waduk ini dibangun pada pertemuan Sungai Uter dan Sungai Serang yang terletak persis di Dukuh Kedungombo, Desa Ngrambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.
Kita disuguhi pepohonan rindang dipinggir jalan pada saat masuk ke kawasan waduk Kedung Ombo. Dan setelah masuk ke obyek wisata pemandangan nan indah disuguhkan oleh waduk ini. Sejauh mata memandang air yang jernih membawa suasana yang tenang. Disekitar waduk terdapat para pedagang yang menjajakan dagangannya. Kita bisa duduk santai dipinggiran waduk dibawah pepohonan yang lumayan rindang.
Di obyek wisata waduk kedung ombo ini juga terdapat pemancingan sekaligus warung yang menjual berbagai makanan yang berbahan dasar ikan. Kita bisa menikmati lezatnya ikan bakar maupun ikan goreng yang berasal dari karamba yang berada di waduk Kedung Ombo. Atau jika ingin suasana yang lebih indah dan unik kita bisa mencoba makan di rumah makan apung.
Tidak hanya sampai disitu, Jika ingin memutari waduk, kita bisa menyewa perahu perahu motor mengunjungi pulau – pulau yang bermunculan di tengah waduk, ataupun juga tempat pemancingan. Bagi kalian yang hobi mancing juga dapat menyewa perahu nelayan dan mencoba memancing di waduk tersebut.
Tertarik mengunjungi waduk kedung Ombo? Segera rencanakan perjalanan  bersama keluarga tercinta. Dan pastikan bawa serta kamera untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Boyolali. Designed by andryzhan | Distributed By Gooyaabi Templates